BY Mezbah Petra

Jemaat Petra lahir dari kerinduan Pdt. Ir. Yoyi Yunias Priyoutomo untuk menjangkau jiwa-jiwa yang ada di Blok M, Jakarta Selatan. Fakta memperlihatkan bahwa setiap hari ada sekian banyak orang beraktifitas  di Blok M dan sebagian besar diantara mereka itu walaupun mengaku beragama Kristen belum tergembalakan, sekalipun di sana  sudah ada beberapa gereja dan persekutuan Kristen. Melihat fakta itu maka Pdt. Ir. Yoyi Yunias Priyoutomo memdedikasikan dirinya untuk menjangkau jiwa-jiwa tersebut dengan merintis gereja baru tepat pada hari minggu, tanggal 6 Februari 2005.

Dalam memulai perintisan pelayanan di Blok M ini Pdt. Ir. Yoyi Yunias Priyoutomo tidak sendirian. Ia dibantu oleh beberapa orang pekerja. Dan dalam perjalanannya pelayanan diperlengkapi dengan kehadiran tiga orang lulusan Sarjana Theologia.

Sesuai dengan tujuan awal untuk menjangkau Blok M, maka gereja ini sejak 6 Februari 2005 hingga sekarang berdomisili di Blok M. Selama kurang lebih satu setengah tahun Petra mengadakan pelayanan ibadah di Hotel Ambhara, Jl. Iskandarsyah Kebayoran Baru - Jakarta Selatan (depan terminal Blok M) dan hingga sekarang Petra menyewa ruangan dalam Ruko di Jl. Sultan Hasanudin No. 28 Kebayoran Baru - Jakarta Selatan (samping terminal Blok M).